Rabu, 18 April 2012

AKUNTANSI INTERNASIONAL


NAMA            : TESAR A.
NPM               : 212 08 225
KELAS            : 4 EB 09
TUGAS AKUNTANSI INTERNASIONAL
Bab 7 : Pelaporan Keuangan dan Perubahan Harga
1.      Sebutkan perbedaan perubahan harga umum dan perubahan harga spesifik?
Jawab :
·        Harga umum adalah perubahan harga yang terjadi apabila secara rata-rata harga seluruh barang dan jasa dalam suatu perekonomian mengalami perubahan.
·        Harga spesifik adalah perubahan harga yang mengacu pada perubahan dalam harga barang atau jasa tertentu yang disebabkan oleh perubahan dalam permintaan dan penawaran.
2.      Apa yang harus diungkapkan suatu perusahaan yang melakukan pelaporan?
Jawab : Investor sebagai pengguna laporan keuangan membutuhkan informasi dalam pengambilan keputusan untuk membeli, menahan, atau menjual investasi tersebut. Mereka juga membutuhkan informasi kemampuan perusahaan untuk membayar deviden sehingga perusahaan harus dapat melaporkan informasi – informasi yang diperlukan tersebut. Prinsip pengungkapan penuh mengakui bahwa penyajian informasi dalam laporan keuangan baik jumlah maupun sifat , harus memenuhi kaidah keseimbangan antara manfaat dan biaya.

Bab 8 : Harmonisasi Akuntansi Internasional
3.      Sebutkan manfaat “GAAP Global” yang terharmonisasi!
Jawab :
*      Pasar modal menjadi global dan modal investasi dapat bergerak di seluruh dunia tanpa hambatan berarti.
*      Investor dapat membuat keputusan investasi yang lebih baik; portofolio akan lebih beragam dan risiko keuangan berkurang.
*      Perusahaan-perusahaan dapat memperbaiki proses pengambilan keputusan strategi dalam bidang merger dan akuisisi.
*      Gagasan terbaik yang timbul dari aktivitas pembuatan standar dapat disebarkan dalam mengembangkan standar global yang berkualitas tinggi.
Bab 9 : Analisis Laporan Keuangan
4.      Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi tahap analisis usaha (analisis usaha, akuntansi, keuangan & prospektif)!
Jawab : Keempat tahap analis usaha (analis usaha, akuntansi, keuangan dan prospektif) dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut ini :
1.      Akses informasi, Sumber informasi yang berharga yaitu 1. Publikasi pemerintah, 2. Organisasi riset ekonomi, 3. Organisasi internasional seperti perserikatan bangsa-bangsa, 4. Organisasi akuntansi, audit dan pasar surat berharga.
2.      Ketepatan waktu informasi, Ketepatan waktu laporan keuangan, laporan tahunan, laporan kepada pihak regulator, dan siaran pers yang menyangkut laporan akuntansi berbeda ditiap negara. Pelaporan tiap kuartal merupakan praktek yang lazim dilakukan di Amerika Serikat, sedangkan ditempat lain masih jarang dilakukan. Jangka waktu pelaporan keuangan juga dapat diestimasi dengan membandingkan akhir tahun fiskal sebuah perusahaan dengan tanggal laporan audinya. Tanggal terakhir ini dianggap sebagai tanggal indikasi kapan informasi keuangan perusahaan pertama kali tersedia untuk masyarakat umum.
3.      Hambatan bahasa dan terminologi,
4.      Masalah mata uang asing,
5.      Perbedaan dalam jenis dan format laporan keuangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar