Minggu, 08 April 2012

Akuntansi Internasional


TUGAS AKUNTANSI INTERNASIONAL
v  Materi : Akuntansi Komparatif II & IV
1.      Apakah perkembangan akuntansi mendahului atau mengikuti pembangunan ekonomi suatu negara?
Jawab  : Perkembangan akuntansi tidak mendahului pembangunan akan tetapi mengikuti pembangunan ekonomi suatu negara karena akuntansi menyesuaikan sesuai keadaan ekonomi yang terjadi pada suatu negara apabila akuntansi tidak mengikuti pembangunan ekonomi suatu negara maka akan terjadi perbedaan yang dapat mengganggu pembangunan suatu ekonomi.
v  Materi  : Pelaporan & Pengungkapan V
1.      Mengapa perusahaan multinasional terlihat semakin bertanggung jawab kepada konstituennya dan bukannya kelompok investor tradisionalnya?
Jawab  : Karena keberadaan kelompok pengguna dengan konstituen yang berlokasi di negara yang berbeda dengan tradisi yang berbeda dalam pengukuran akuntansi sehingga beberapa analis dan investor tidak dapat membuat keputusan keuangan tanpa memahami dampak inflasi yang ada di negara para konstituennya. Sedangkan dikebanyakan negara-negara lain, kepemilikan saham masih tetap sangat terkonsentrasi dan bank secara tradisional menjadi sumber utama pembayaran perusahaan.
2.      Apakah dua tujuan besar untuk pasar berorientasi investor? Manakah dari tujuan ini yang menurut anda paling penting? Berikan alasan untuk jawaban anda.
Jawab  : Dua tujuan utama untuk pasar berorientasi investor yaitu:
1. Investor dapat menerima informasi yang material tepat pada waktunya.
2. Investor dapat dilindungi melalui pengawasan dan penegakan aturan yang efektif.
Menurut saya tujuan yang paling penting yaitu perlindungan investor melalui pengawasan dan penegakan aturan yang efektif karena dengan meningkatkan pengawasan dan penegakan aturan dapat mengurangi terjadinya tindakan kriminal dalam hal pengungkapan informasi yang ditujukan kepada investor, hal ini bertujuan untuk meningkatkan keyakinan investor, yang akan meningkatkan likuiditas, mengurangi biaya transaksi, dan meningkatkan kualitas pasar secara keseluruhan.
v  Materi  : Translasi mata uang asing VI
1.      Sebutkan dan jelaskan perbedaan antara translasi dan konversi! Berikan contohnya!
Jawab  : Translasi mata uang asing adalah proses penyajian ulang informasi keuangan dari satu mata uang ke mata uang lainnya. Sedangkan konversi antar mata uang asing adalah pertukaran dari satu mata uang ke mata uang lain secara fisik. Perbedaannya adalah translasi hanyalah perubahan satuan unit moneter, contohnya pada sebuah necara yang dinyatakan dalam rupiah Indonesia disajikan ulang ke dalam nilai ekuivalen yen Jepang. Tidak ada pertukaran fisik yang terjadi, dan tidak ada transaksi terkait yang terjadi. Sedangkan konversi, memungkinkan adanya pertukaran fisik yang terjadi dan ada transaksi terkait yang terjadi.
2.      Apakah menggunakan lebih dari satu metode translasi diperbolehkan?Jika iya, Metode mana yang dapat digunakan & berikan alasannya!
Jawab  : Tidak dapat diperbolehkan, karena dengan menggunakan satu metode translasi saja tidak dapat memenuhi dengan sama translasi yang dilakukan, apalagi jika menggunakan 2 metode yg berdasarkan kondisi yang berbeda dan untuk tujuan berbeda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar