Senin, 07 Mei 2012

Akuntansi Islam



SEJARAH AKUNTANSI ISLAM

Belakangan ini semakin marak dukungan kepada sistem ekonomi kapitalis yang dinilai akan terus menghasilkan kemakmuran yang tidak merata, yang kaya akan semakin kaya sedangkan yang miskin akan semakin miskin. Bahkan dalam konteks keyakinan agama yang mempercayai akhirat, sistem itu dapat dipastikan tidak memiliki dimensi ukhrawi, dimensi ilaihiah sehingga bagi mereka yang menganut agama apa pun sebenarnya sistem itu tidak sesuai dengan keyakinannya. Dalam perkembangannya ekonomi islam dan akuntansi islam yang lebih terdepan dalam pengkajian ilmiahnya. Akuntansi berkembang karena penerapan sistem ekonomi islam khususnya dalam dunia bisnis, seperti keuangan, perbankan, asuransi dan perusahaan lainnya. Akuntansi islam bukan mengenai agama, ia sejajar dengan ilmu akuntansi kapitalis. Kalau akuntansi kapitalis dibangun atas dasar filsafat materialisme hasil pemikiran manusia tanpa campur tangan Allah, akuntansi islam dibangun atas dasar pemikiran manusia yang mengindahkan hukum-hukum Allah. Pembahasan akuntansi dalam islam tidak mengada-ada, tetapi benar-benar dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan sumber referensinya yang sah. Akuntansi dalam islam dapat dilihat melalui pedoman suci umat islam yaitu Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 282 yang mempunyai kesimpulan apabila kita bermuamalah tidak secara tunai maka wajiblah bagi kita untuk memelihara tulisan dengan artian bahwa kita diwajibkan untuk dapat mencatat setiap transaksi yang tidak tunai. Untuk lebih jelasnya dapat kalian lihat sendiri Surat Al-Baqarah ayat 282.
            Apa kaitannya ini dengan akuntansi? Jawabannya adalah besar sekali. Pengetahuan terhadap Islam ini mutlak perlu untuk melihat akuntansi Islam perspektif Islam. Perlu diketahui bahwa akuntansi yang kita kenal sekarang ini diklaim berkembang dari peradaban Barat. Namun pada dasarnya proses lahir dan perkembangannya masih dapat dikaji dan terlihat sangat dipengaruhi oleh keadaan masyarakat atau perkembangan peradaban sebelumnya yaitu Arab Islam.
            Perkembangan akuntansi sebagai domainnya Arithmatic quality sangat ditopang oleh ilmu lain khususnya Arithmatic, Algebra, Mathematics, Algorithm. Ilmu ini terlebih dahulu berkembang sebelum perkembangan bahasa. Ilmu yang penting ini ternyata dikembangkan oleh filosof Islam yang terkenal Abu Yusof Ya’kub bin Ishaq Al-Kindi ia lahir tahun 801 M. Juga Al-Karki (1020) dan Alkharizm yang merupakan asal kata dari Algoritm, Algebra juga berasal dari kata Arab: Al-Jabr. Demikian juga sistem nomor, desimal, dan angka “0” (zero, sifr, kosong, nol) yang kita pakai sekarang yang disebut angka arabsudah dikenal sejak 874 M, yang sudah diakui oleh Hendriksen merupakan sumbangan Arab Islam terhadap akuntansi dan juga bagi ilmu komputer. Kemudian sistem ini baru dipakai Eropa 3 abad sesudahnya.
            Akuntansi yang dikenal sekarang menyatakan bahwa akuntansi itu lahir dari tangan seorang pendeta Italia yang bernama Lucas Pacioli. Ia disamping sebagai pendeta, adalah ahli matematika. Dalam buku yang ditulisnya yang terbit pada tahun 1494 dengan judul : Summa de arithmatica geometria et proportionalita, memuat suatu bab mengenai double entry accounting system. Menurut penulis barat asal mula akuntansi yang sekarang adalah dari buku Pacioli ini.
            Namun, stelah dilakukan penelitian sejarah dan arkeologi ternyata banyak data yang membuktikan bahwa jauh sebelum penulisan ini sudah dikenalakuntansi. Perlu diingat bahwa matematika dan sistem angka sudah dikenal Islam sejak abad ke-9 M. Ini berarti bahwa ilmu matematika yang ditulis Pacioli pada tahun 1491 bukan hal yang baru lagi karena sudah dikenal Islam 600 tahun sebelumnya.

1 komentar:

  1. Update info buku yang relevan dg topik bahasan Akuntansi Syariah: Al-Qur'an & Akuntansi: Menggugah pikiran Mengetuk relung qalbu (2012). Tulisan tersebut mengungkap sejarah panjang akuntansi, termasuk terkait dg Luca Pacioli. Di buku tersebut juga disajikan bukti bahwa sistem pencatatan berpasangan berlandas QS. Al-Baqarah [2]: 282, dan telaah kritis atas prinsip/konsep dasar akuntansi yg sejauh ini berlaku. Semoga bermanfaat.

    BalasHapus